Rabu, 12 Februari 2014

Ide Peluang Usaha yang Cocok Bagi Mahasiswa



   Anda seorang mahasiswa? Ingin hidup mandiri atau sekedar uang saku yang lebih? Mungkin contoh-contoh peluang usaha berikut ini dapat menjadi solusi bagi anda yang ingin mengetahui peluang usaha mana yang cocok bagi anda.

   Seorang mahasiswa selalu diidentikkan dengan hidup mandiri dimana sebagian besar mahasiswa harus menyewa sebuah kamar kost untuk dan terkadang juga sering dihadapkan pada sebuah masalah keuangan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk menutupi kekurangan keuangan, maka biasanya mahasiswa diharuskan untuk kreatif dan jeli dalam menentukan peluang usaha mana yang cocok baginya. Nah, beriikut akan saya bahas apa saja peluang-peluang usaha yang bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa.

1. Jual Pulsa Elektrik
    Peluang Usaha yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kalangan mahasiswa. Dan biasanya si penjualnya pun selain mendapatkan keuntungan dalam sisi finansial, ia juga memiliki banyak teman dikarenakan jasanya yang sering dibutuhkan dalam keadaan genting dan membeli pulsa pada teman sendiri itu bisa ngutang : D. Keuntungan yang diperoleh si penjual bisa berkisar Rp,500-1500 untuk setiap pengisian pulsanya. 

2. Jasa Pengetikan
   Jasa yang satu ini memanfaatkan kemalasan mahasiswa dalam mengerjakan tugasnya terutama tugas yang diharuskan oleh dosen untuk diketik. Selain bermodalkan komputer, kertas, dan printer, si penyedia jasanya juga harus memiliki skill dalam mengetik dengan cepat karena biasanya mereka dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline. Untuk skillnya tersebut, wajar bila jasa mahasiswa pengetik ini diganjar Rp.500-1500 per lembarnya.

3. Jualan Roti/Makanan
   Usaha ini merupakan usaha yang paling sering saya lihat di kampus saya. Usaha ini dilakukan dengan masuk ke dalam tiap kelas yang sedang free untuk menawarkan dagangan. Keuntungan yang diperoleh sekitar 500-2000 untuk setiap makanan.

4. Jasa Penyewaan Infocus/LCD 
   Presentasi bukanlah hal yang asing lagi bagi mahasiswa. Demi mendapatkan nilai yang tinggi dari dosen, seorang mahasiswa dituntut untuk melakukan presentasi dengan sebaik mungkin. Peluang inilah yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dengan menawarkan jasa penyewaan Infocus/LCD. Keuntungan usaha ini, kita tidak perlu capek-capek untuk memasang Infokusnya dll. Hanya saja, untuk melakukan usaha ini diperlukan modal yang lebih besar.

5. Jasa Penyewaan Barang Outdoor
  Anda seorang mahasiswa yang hobi mendaki gunung? Punya barang outdoor yang menganggur? Mahasiswa yang sering mendaki gunung biasanya setidak-tidaknya mempunyai 1-3 barang outdoor/perlengkapan mendaki gunung, baik itu berupa tenda, tas carrier, sleeping bag, ataupun sepatu gunung. Nah, biasanya mahasiswa yang masih newbie dalam mendaki gunung belum mempunyai peralatan gunung. Peluang inilah yang bisa dimanfaatkan untuk menyewakan peralatan kita yang sedang menganggur kepada para pendaki newbie ini. Sayangnya, usaha yang satu ini juga memerlukan modal yang besar namun itu tak akan terlalu berpengaruh bagi yang sering mendaki karena mereka juga memakai barang tersebut. Keuntungan yang diperoleh dari usaha ini pun lumayan. Misalnya saja tenda yang bisa disewakan dengan tarif Rp. 50000-75000 per 3 hari.

   Nah, itulah beberapa peluang usaha yang menurut saya bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Jika ada ide lain silahkan diposting di comment dibawah ini.

5 komentar:

Titis Ayuningsih mengatakan...

mahasiswa yang berwirusaha ya !

noprian blog mengatakan...

Terima kasih atas komentarnya mbak. Memang mahasiswa jaman sekarang harus mulai berwirausaha dan itu bisa dilakukan dari hal-hal kecil seperti yang saya paparkan diatas. Tinggal kita yang harus jeli dalam menentukan peluang mana yang cocok bagi kita.

Gustian mengatakan...

boleh juga tuh, lumayan buat nambah biaya anak kost. mahasiswa sekarang tdk boleh gengsi berwirausaha :)

seo-paper mengatakan...

mantap artikelnya sob , , ,
sangat bermanfaat , , ,
mampir diblog q yaaa . . .

Albee mengatakan...

bisnis online memang paling ajib buat mahasiswa yang mau nambah uang saku.terimakasih gan :)