Minggu, 22 Desember 2013

Tips Menjadi Penulis Blog Yang Baik


Di jaman teknologi seperti sekarang ini, blog sudah menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan masyarakat sebagai sarana untuk mempublikasikan tulisan mereka. Bahkan banyak yang menjadikan menulis di blog itu sebagai hobi. Saat ini, sudah banyak website yang menyediakan pembuatan blog secara gratis. Di Indonesia sendiri, situs penyedia blog yang paling banyak penggunanya adalah Blogger dan Wordpress.

Lalu, gimana sih cara menjadi penulis blog yang baik? Berikut adalah adalah beberapa tips dari saya:

  1. Jangan pernah copy paste tulisan orang lain. Ini adalah salah satu tips yang paling penting. Menyalin tulisan orang lain tanpa sepengetahuan yang pemiliknya adalah perilaku yang melanggar etika. Jika kita ingin menyalin tulisan orang lain, setidaknya kita harus meminta ijin dari yang bersangkutan. Setelah ijin kita kantongi barulah kita bisa mempublikasikan artikel yang kita salin. Eits, dengan satu syarat. Kita harus menyertakan sumber/alamat blog si pemilik tulisan tadi. Selain karena alasan etika, kebiasaan menyalin tulisan itu juga tidak baik dikarenakan akan berpengaruh pada perkembangan kita dalam dunia menulis. Kapan kita bisa belajar jadi penulis hebat kalau selalu menyalin tulisan orang lain? Jadi mulailah  belajar untuk menulis berdasarkan ide dan kemampuan sendiri.
  2. Jangan takut bikin tulisan jelek. Nah budaya inilah yang mendarah daging di sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan keinginan para penulis untuk membuat tulisan yang menarik dan perfect di mata pembacanya. Ingat, "Nobody's Perfect". Tak ada manusia yang sempurna. Jangan pernah takut tulisan kita jelek. Semakin sering kita menulis, bakat kita akan semakin terasah. Dan semakin lama tulisan kita akan semakin bagus.
  3. Buatlah tulisan yang rapi dan sopan. Jangan pernah menggunakan kata-kata jorok saat menulis di blog. Perkirakanlah pula kalangan mana yang akan membaca tulisan anda sesuai dengan tema tulisan anda. Jika anda membuat tulisan bertema remaja, maka anda bisa menambahkan sedikit bahasa gaul agar terkesan lebih friendly. Untuk membuat tulisan anda menjadi lebih rapi, maka gunakanlah perataan teks Justify(rata kiri dan kanan).
Nah, itulah sedikit tips dari saya bagi anda yang ingin belajar atau mengembangkan bakat dalam dunia tulis-menulis di blog. So, jangan pernah bosan menulis, dengan menulis kita dapat berekspresi. 

1 komentar:

selimut mengatakan...

4. Menulis, menulis, dan menulis. Sampai itu jadi kebiasaan dan ketrampilan